Syeikh Tolhah Kalisapu Cirebon

Riwayat singkat

Mursyid Thoriqoh Qodiriyyah wan Naqsyabandiyyah

“SYEIKH TOLHAH BIN THOLABUDDIN”

1. Lahir di Desa Trusmi, kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon diperkirakan tahun 1825.

2. Ayahnya bernama KH. Tolabuddin, lahir di Desa Trusmi putera dari KH. Radpuddin keturunan Pangeran Trusmi putera Sunan Gunungjati.

3. Mengikuti pendidikan agama, diawali di Pesantren Rancang (pesantren ayahnya), kemudian melanjutkan ke Pesantren Ciwaringin (semuanya masih diwilayah Kabupaten Cirebon) kemudian melanjutkan ke Pesantren Lirboyo di Ponorogo-Jawa Timur, kemudian meneruskan di Gresik-Jawa Timur, dari Gresik pulang dahulu mengajar di Pesantren Rancang membantu ayahnya. Selanjutnya pergi menunaikan ibadah Haji dan terus mukim di Mekkah, mempelajari Tasawuf dan Thoriqoh dari Syekh Ahmad Khatib Sambas Ibn. Abdul Gaffar khusus tentang Thoriqoh Qodiriyyah Naqsyabandiyyah (TQN) hingga mencapai kedudukan sebagai wakil Talqin dan membantu Syekh Ahamad Khatib Sambas beberapa waktu lamanya.

4. Diperkirakan tahun 1873 kembali dari Mekah mengajar di Pesantren Rancang.

5. Sekitar tahun 1876 mendirikan pesantren di Begong, Desa Kalisapu, Kabupaten Cirebon.

6. Ditangkap oleh aparat keamanan colonial Belanda di Cirebon sekitar tahun 1889 atas tuduhan menghina Ratu Belanda dan mempersiapkan perlawanan pemerintah kolonial Belanda.

7. Berangkat ke Mekah untuk kedua kalinya, kembali dari Mekah berhenti beberapa waktu lamanya di Singapura kerena kapalnya rusak. Sempat memberi pelajaran tentang TQN di Singapura.

8. Dari pernikahan dengan isteri-isterinya dikaruniai anak 18 laki-laki, 8 perempuan dan punya cucu 69 orang (sebagian kecil masih hidup)

9. Menjadi penasehat dan pembimbing keagamaan di Kesultanan Kasepuhan Cirebon, Bupati Kuningan 1892 dan bagi para pejabat tinggi pemerintahan dan para bangsawan di Cirebon.

10. Meniggal dunia tahun 1935 dimakamkan di komplek pemakaman Gunung Jati.

Segera Klik dibawah ini :

www.daikembar.com

30 responses to “Syeikh Tolhah Kalisapu Cirebon

  1. Allah swt memberikan jalan yg lurus kepadaku lewat para mursyid,Aku mengenal Allh bukan dari tulisan atau lafadnya saja Aku mengenal rasulpun tidak dari tulisan dan lafadnya saja.termasuk ahlak dan ajaran beliau saw.maka dari itu aku bersyukur kpd Allah swt yg tekah membimbingku hingga aku menjadi murid dari jamaah thoriqot QN.yang InsyaAllah sisillahnya sampai kepada rosulullah saw dari M jibril dari Allah swt….Amin…..

  2. Ternyata kemarin ziarah ke SGJ, sekaligus juga ziarah ke Syaikh Tolhah Kalisapu Cirebon. Sudah lama saya ingin ke Astana SGJ, rupanya ALlah berkehendak lain, harus via Syaikh Ahmad Sohibil Tajul Arifin, sebelum berziarah ke SGJ. Ya Syaikh Tolhah Kalisapu Cirebon, semoga Rahmat Allah sentiasa melimpah pada syaikh..

  3. ya sayyidi…engkau adalah guru dari guru-guru ku sambung menyambung sampai ke hadhirat ilahi robbi.
    Guru belahan jiwa, kekasih yang sempurna, akhlaqmu mempesona duhai bulan purnama.
    Mursyid jalan hidupku hingga akhir hayat ku, ku ikut thoreqoh mu jangan tinggalkan aku….
    dengan barokah karomah guru mursyid semoga kita semua para ikhwan thoreqot qodiriyah wan naqsyabandiyah selalu mendapat kasih sayang Allah. Amiin

  4. ass…….. afawan ana nanya apakah ada sumbernya dari al-qor’a. “perintah untuk berthariqah tsb”.mohon kalu ada surah&ayatnya.syukron

  5. Kakak saya bernama H. Abdulloh bin Kasdi ( Alm ) Beliau pernah bertemu dengan seseorang yang bernama Kyai Talqo. Beliau bertemu dengan Kyai Talqo di daerah Sampur Tanjung Priok, Jakarta.Singkatnya Kakak saya itu dijadikan murid oleh Kyai Talqo. Di antara amalan yang pernah diajarkan adalah amalan Sahadat, Pupuh Bayu ( itu di antara yang saya ketahui dan diijazahkan kepada saya). Akhirnya Kakak saya disuruh oleh Kyai Talqo Supaya ke Kalisapu Cirebon, supaya mencari rumah Kayi Talqo di desa tersebut ( th 1970-an ). Setelah mencari informasi di desa tersebut tidak ada yang tahu. Namun akhirnya ada keluarga yang mengaku katanya generasi ke-7 dari Kyai Talqo. Keluarga tersebut menceritakan bahwa orang yang dimaksud telah meninggal lebih dari seratus tahun yang lalu. Konon Kakeknya berhasil mengalahkan Cukumun ( leluhur suku baduwi ) dan sempat ditunjukkan makamnya di desa Kalisapu, Cirebon.Setelah pencarian Kakak saya di Kalisapu, kakak pulang ke jakarta. Setelah berhasil diketahui jati dirinya Kyai Talqo tidak dapat lagi dijumpai di daerah Sampur Tanjung Priok. Karena kakak saya ingin bertemu dengan Beliau akhirnya melakukan puasa 3 hari, baru Kyai Talqo dapat dijumpai dan Beliau mengakui. Pertanyaan saya : Apakah yang dimaksud Syeh Tolhah itu orang yang bernama Kyai Talqo? Sebab sewaktu salah satu murid kakak saya mencoba mencarinya di Kalisapu yang ada katanya makam Syeh Tolhah. Mohon penjelasan. Amalan Sahadat yang diajarkan oleh Kyai Talqo konon di Cirebon dulunya hanya dimiliki 7 orang.

  6. alhamdulliah aku sudah menemukan mursid perwakilan dari TQN Suralaya, walaupun baru aku sudah merasakan jalan yang seharusnya manusia tempuh, hal ini aku merasa mungkin allah baru memberikan jalan di usiaku yang sudah 31 tahun. mudah mudahan allah meridoi kita semua wabil khusus guru2 kita yang tak terkira jasanya amin

  7. aku adalah ikhwan yg baru belajar TQN,tp walaupn baru ,aku mulai mersakan manfaat dari amalan TQN.mudah2an seraya selalu mengharp ridlo Allah dan karomah guru mursyd kita selalu di beri jaln yg terbaik..amin.

  8. asalamualaikum

    aku penasaran sma desa kalisapu banyak orang bilang disana banyak banget ilmu hitam tapi juga banyak yang bilang di sana tempat peninggalan sunan gunung jati yang mana yang bener che???????????
    tolong dijawab ea…

    walaikum salaam……

    • saya asli orang kalisapu.
      apa yg anda dgr tntg byk ilmu htam itu slah bsar tp klo byk tempat peninggalan kanjeng sunan memang benar,

  9. assalamualaikum..

    ane ini ikhwan yg baru belajar TQN d jakarta!!
    saya pernah mendapat pertanyaan..
    kitab apa yang nga ada tulisannya tapi bisa di baca??
    apa benar jawabannya ada??

    • Ada namanya ” ngaji sejatine diri” tidak ada tulisannya tapi bisa dibaca dan wajib dipraktekan dlm kehidupan sehari-hari. demikian saudaraku semoga bermanfaat.

  10. alhamdulillah aku pribumi kalisapu,sampai skarang pesantrenya masih ada dan masjidnya yang di kelola oleh cucu beliau yang bernama haji jafar

  11. assalam wr wb,sy ikhwan TQN PP suryalaya domisi di cengkareng JAK-BAR,silsilah TQN dr jalur syech tolha sepeninggal beliau beralih pd syech abdullah mubarok bin nur muhammad suryalaya dan beralih kembali pd putranya yaitu syech ahmad sohibul wafa tajul arifin QS (ABAH ANOM),untuk para ikhwan yang ingin belajar dzikir Tqn yang berada di wilayah cirebon dan sekitarnya bisa menghubungi Kh.R.A.Rohim jln trusmi wetan no 35 cirebon 45154 tlp 0231323261 beliau wakil talqin TQN PP Suryalaya dr mursyid syech Ahmad sohibul wafa tajul arifin QS(abah anom)atau datang langsung ke pesantren suryalaya tasikmalaya…wassalam

  12. tqn adalah jalan ku sampai akhir hayat… sampai kapanpun,di manapun..aku merasa tenang karena selalu di beri waktu untuk berdzikir kepada allah swt. kepada para sahabat dan ikhwan tqn yang di manapun berada beruntunglah kita karena allah telah memperkenalkan kita kepada seorang wali mursyid. maka jangan pernah menyia nyiakan hidup ini untuk memikirkan dunia saja, tapi harus dibarengin akhiratnya yaitu dengan selalu ingat kepada allah …la ilaha illallah

  13. minta data lengkap nama 2 anak2/cucu syeh tholha berikut tempat tinggalnya..tolong kirim ke nomor ini 087710414847 / 085759739247 trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s